Jumat, 06 Oktober 2017

Power Amplifier Rakitan - Class H

Sekilas tentang Power Ampli Rakitan

Harga Sound System
Apakah bisa Ampli Rakitan difungsikan untuk sound system lapangan?
Power Amplifier rakitan bisa juga dijadikan sebagai power ampli lapangan asal berdaya besar dengan ciri yaitu menggunakan transformer Toroid dengan ampere besar dan memakai KIT Modul Amplifer dengan final trasistor MOSFET yang banyak dan memakai Heat-sink yang cukup tebal. Versi terakhir untuk KIT Modul Ampli ini telah memakai penguatan class-H atau banyak juga yang memakai class-D.
Dahulu saya juga senang merakit amplifier ini dengan membeli PCB Power Ampli dan menyolder komponennya. Sekarang banyak tersedia PCB atau Modul jadi siap paka atau siap rakit di Box Amplfer yang juga tersedia di pasaran elektronik. Sayang sekali saat ini saya tak berproses pada kegemaran ini lagi karena lebh bnyak bermain dengan pemasangan/ instalasi sound system.

Power Amplifier Kelas H

Amplifier class-H ini sangat bagus dan santai untuk dipakai untuk mendorong Subwoofer 18 inch dengan impedansi mendekati 2 ohm (8 ohm/ 4 unit Woofer paralel) perchannel, jadi satu power class-H ini mampu mendorong 8 buah speaker 18" (kanal A dan kanal B). Untuk keamanan Power maka cukup memakai 3 speaker pada kanal A dan 3 speaker kanal B (8 ohm/3 = 2.7 ohm).
Untuk membuat Amplifier Class-H ini membutuhkan Mosfet transistor final yang orignal, dan tiap kanal paling tidak berisi 8 butir transistor, jadi total semuanya adalah 16 transistor final. Untuk big power memakai 32 Mosfet transistor final. Transistor ini lumayan mahal harganya, sementara pada trafo (bagian Power Supply) yang dipakai juga harus dengan arus yang besar dengan berat sekitar 10 kg atau lebih.
Harga Power Amplifier

Tak hanya itu, pada bagian Power Supply ini juga diperlukan Electrolyte Capacitor (Elco) yang banyak dengan kapasitas diatas 6800 uF/100 Volts.

Harga Power Amplifer rakitan kelas-H

Teman saya telah banyak membuat power rakitan dengan class-H ini dan dia menjualnya dengan harga 6 jutaan perunit. Disamping class-H, dia juga banyak merakit Ampli Class-D dengan daya yang besar. Maklumlah dia seorang insinyur, segi teori dan kalkulasi tetap diterapkannya dalam merakit dan mendesain skema dan PCB baru. Berapa input daya dan tegangan pada pada Gate/ Basis, Drain/ Emitor, Source/collector suatu transistor final tetap dihitung oleh dia saat mendesain.

Power Amplifier Kelas D

Amplifier class-D ini memakai sistem Push-full. Sekarang banyak penggemar eletronika Audio yang merakit sendiri PCB Modul Amplifier class-D ini. Anda pun tak usah mendesain dan menyolder komponen sendiri karena saat ini telah banyak yang menjual baik di toko online maupun toko elektronik yang ada di daerah anda.
Ikuti prosedur perakitan dengan melihat panduan pada pembungkus Modul KIT yang anda beli tentang berapa daya dan voltase yang dibutuhkan oleh KIT tersebut.

Mungkin saya akan melakukan update pada artikel ini.

Thanks..